ANALISIS RANTAI PEMASARAN KOMODITI IKAN ASIN DI KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT

  • Bagio Bagio Universitas Teuku Umar
  • Hamni Saputri Universitas Teuku Umar, Aceh Barat
  • Akhmad Baihaqi Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh,
  • Rahmaddiansyah Rahmaddiansyah Universitas Syiah Kuala

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis rantai pemasaran komoditi ikan asin di Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat dan rantai pemasaran mana yang paling efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengrajin yang melakukan pengolahan ikan di Kuala Bubon dan Gampong Teungoh Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat yaitu 20 orang dari 20 industri, teknik pengambilan sampel dengan metode sensus. Metode Snowball Random Sampling untuk responden pedagang pengumpul dan pedagang kecil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rantai pemasaran ikan asin di Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat terdiri dari tiga rantai pemasaran dan yang paling efisin adalah pada rantai pemasaran yang III dari industri pengolah ikan asin langsung ke konsumen akhir. Tingkat efisiensi pemasaran pertama dan kedua yaitu kurang efisien dengan persentase 40%, Sedangkan rantai pemasaran yang efisien terdapat pada rantai pemasaran yang ketiga dengan persentase 0%.

References

Adawyah, R. (2007). Pengolahan Dan Pengawetan Ikan. PT. Bumi Aksara.
Badan Pusat Statistika. (2021). Kabupaten Aceh Barat Dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistika.
Budiyanto, Fitriani, & Alam Lawelle, S. (2021). Analisis Rantai dan Margin Pemasaran Ikan Asin di Kecamatan Rumbia Tengah Kabupaten Bombana. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan FPIK UHO, 6(1).
Dewi, E K., Wulansari, A. (2021) Analisis Saluran Dan Efisiensi Pemasaran Tuna (thunnus sp.) Di Polewali Manda. Prosiding Seminar Nasional Agribisnis 2021.
Etta & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian. CV. Andi Offset. Yogyakarta.
Jufri, W. (2017). Belajar dan Pembelajaran SAINS. Pustaka Reka Cipta.
Kaunang, J. D., Uguy, W., & Ch. Ngangi, M. (2012). Strategi Pemasaran Industri Rumah Tangga Gula Aren di Kota Tomohon. Universitas Sam Ratulangi.
Soekartawi. (1994). Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas. PT. Raja Grafindo Persada.
Soekartawi. (2002). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada.
Sudana, I Wayan. (2019). Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Teri Segar Hasil Tangkapan Nelayan Di Desa Sanggalangit Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 11 No. 2.
Sudiyono, A. (2002). Pemasaran pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang.
Soeharno. (2007). Teori Mikroekonomi. Andi Yogyakarta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif. Alfabeta. Bandung
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.
Wahiu, M., Suhaeni, S., Sondakh, S J. (2018). Analisis Rantai Nilai Pemasaran Ikan Layang Di Desa Kema Iii Kecamatan Kema Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal AKULTURASI, Vol. 6 No. 11.
Statistik Abstract view : 68 times
Statistik PDF Views : 56 times
Published
2022-11-30
How to Cite
BAGIO, Bagio et al. ANALISIS RANTAI PEMASARAN KOMODITI IKAN ASIN DI KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT. Cakrawala Management Business Journal, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 261-269, nov. 2022. ISSN 2623-0887. Available at: <https://journal.feb.unipa.ac.id/index.php/cmbj/article/view/231>. Date accessed: 05 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.30862/cm-bj.v5i2.231.