Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Perempuan Asli Papua di Pasar Wosi Kabupaten Manokwari

  • Husni Husni FEB - UNIPA
  • Achmad Rochani FEB - UNIPA
  • Sarce Babra Awom FEB - UNIPA

Abstract

This study aims to determine the factors that influence the entrepreneurial interest of indigenous Papuan women in Pasar Wosi, Manokwari Regency. This research is a quantitative study with an associative method. Data sources include primary and secondary data. The population of this study were all Papuan Mama - Mama in Pasar Wosi, totaling 118 people. The number of samples is 54 people. The sampling technique uses probability sampling method with the sampling technique using simple random sampling. Multiple linear regression is applied in this study to measure the influence of attitude and contextual factors on entrepreneurial intention. Based on the results of data testing, it is known that simultaneously the attitude and contextual factors influence the entrepreneurial intentions variable of indigenous Papuan women. Meanwhile, it is partially proven that attitude and contextual factors have a positive and significant effect on interest in entrepreneurship.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha Perempuan Asli Papua di Pasar Wosi Kabupaten Manokwari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Sumber data meliputi data primer dan sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Mama – mama papua di Pasar Wosi, yang berjumlah 118 orang. Jumlah sampel adalah 54 orang. Teknik pengambilan sampel menggunalan metode probability sampling dengan teknik penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Regresi linier berganda diaplikasikan dalam penelitian ini untuk mengukur pengaruh faktor sikap dan faktor kontekstual terhadap niat berwirausaha. Berdasarkan hasil pengujian data, diketahui bahwa secara simultan faktor sikap dan faktor kontekstual  mempengaruhi variabel minta berwirausaha Perempuan Asli Papua. Sedangkan secara parsial terbukti bahwa faktor sikap dan faktor kontekstual berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha.

References

Alma, Buchari. 2013. Kewirausahaan Edisi Revisis.. Bandung: CV Alfabeta.
Azwar Budi. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat
Kewirausahaan (Entrepreneurial intention). Jurnal Manajemen.Vol.12. No.1. Juni 2013.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisa Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi
Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Johnson, B 1990. Toward A Multidimensional Model of Entrepreneurship. The Case of Achievement Motivation and The Entrepreneur. Entrepreneurial Theory Pratice, 14 (30: 39-54)
Sugiyono 1999. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV.Alfabeta Bandung
Suharti Lieli dan Sirine Hani. 2011. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap
Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention) jurnal manajemen dan kewirausahaan, Vol.13.No.2, September 2011.
Suryana, 2013. Kewirausahaan (Kiat dan Proses Menuju Sukses)e4
Statistik Abstract view : 151 times
Statistik PDF Views : 118 times
Published
2020-11-30
How to Cite
HUSNI, Husni; ROCHANI, Achmad; AWOM, Sarce Babra. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Perempuan Asli Papua di Pasar Wosi Kabupaten Manokwari. Lensa Ekonomi, [S.l.], v. 11, n. 01, p. 60-74, nov. 2020. ISSN 2623-0895. Available at: <https://journal.feb.unipa.ac.id/index.php/lensa/article/view/89>. Date accessed: 15 may 2021. doi: https://doi.org/10.30862/lensa.v11i01.89.