Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

 Format Umum :

  1. Artikel yang ditulis meliputi hasil penelitian dan hasil telaah atau konseptual pemikiran dalam bidang manajemen dan bisnis. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sesuai gaya selingkung yang ditentukan.
  2. Artikel yang dikirim belum pernah diterbitkan di media lain yang dibuktikan dengan pernyataan tertulis yang ditandatangani oleh semua penulis bahwa artikel tersebut belum pernah dipublikasikan.
  3. Artikel dikirim dalam bentuk Microsoft WORD ke :

OJS : https://journal.feb.unipa.ac.id/index.php/lensa/

Dan :

e-mail: ekonomilensa@gmail.com

 

Sistematika Penulisan Artikel

  1. Artikel hasil penelitian terdiri atas Judul, Nama Penulis, Institusi, Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil, Pembahasan, Simpulan, Rekomendasi, dan Daftar Referensi.
  2. Judul ditulis ringkas, spesifik, dan lugas yang menggambarkan isi artikel. Judul dalam bahasa Indonesia Maksimal 12 kata, sedangkan judul dalam bahasa Inggris tidak boleh lebih dari 10 kata. Judul ditulis dengan huruf kapital dengan jenis huruf Times new roman berukuran 12 point, jarak satu spasi, dan terletak ditengah-tengah tanpa titik.

 

ANALISA PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK MAHASISWA

DI KOTA MANOKWARI PAPUA BARAT

 

  1. Identitas Penulis. Nama Penulis ditulis lengkap tanpa gelar akademis disertai alamat institusi penulis yang dilengkapi dengan e-mail (korenspodensi), spasi 1.

 

Nama Penulis 1

Universitas Penulis1

Nama Penulis 2

Universitas Penulis 2

Nama Penulis 3

Universitas Penulis 3

E-mail : Penulis Korespodensi

 

  1. ABSTRAK. ditulis dalam dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris). Panjang masing-masing abstrak ditulis dalam satu paragraf tidak lebih dari 150 kata. Abstrak mengandung uraian minimal berisi tentang tujuan, metode, hasil utama, dan simpulan yang ditulis dalam 1 spasi, huruf Times new roman ukuran 10 font size.
  2. Kata kunci (keyword). Kata kunci (keyword) ditulis miring, berkisar 3 - 5 (tiga sampai lima) kata, satu spasi setelah abstrak.
  3. PENDAHULUAN berisi latar belakang, konteks penelitian, pustaka yang mendukung, tujuan penelitian, dan harapan hasil penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan panjang 5-15% dari total panjang artikel.
  4. METODE PENELITIAN. Metode berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sasaran penelitian (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data, pengembangan pengukuran, dan teknik analisis data, dengan panjang 10-20% dari total panjang artikel.
  5. HASIL PENELITIAN menyajikan uraian hasil penelitian berkaitan dengan tujuan penelitian. Deskripsi hasil penelitian disajikan secara jelas. Deskripsi dan interpretasi hasil berkaitan dengan hasil (bersih) analisis data. Pemakaian tabel, grafik atau bagan sangat disarankan untuk memperjelaskan hasil.

Tabel 1.

Contoh tabel

Nama

Data

Jumlah

 

 

 

 

 

 

Sumber : Nama (tahun)  *(jika bukan hasil olahan)

 

Keterangan:

Jika data dalam tabel bukan hasil olahan maka masukan sumber dimasukkan

Isi : 1 spasi, huruf 11 font size.

 

Gambar (grafik)

Gambar 1

Contoh Gambar Grafik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar (jpeg,dll)

Gambar 2.

Contoh gambar

 

Keterangan : Keterangan gambar di bold dan jarak 1 spasi, posisi tengah.

 

  1. PEMBAHASAN memuat diskusi hasil penelitian sendiri yang dikaitkan dengan tujuan penelitian. Pembahasan menjelaskan mengapa hasil penelitian demikian, memapar logika perolehan temuan, menginterpretasi temuan, dan mengaitkan dengan teori atau hasil penelitian yang relevan. Panjang paparan hasil penelitian dan pembahasan 40-60% dari panjang artikel
  2. PEMBAHASAN (khusus tulisan konseptual atau hasil pemikiran) memuat kupasan masalah yang dikaji, bersifat analitik, argumentatif, logis, kritis, dan yang terpenting menunjukkan pendirian atau sikap penulis. Panjang paparan pembahasan 40-60% dari panjang artikel.
  3. KESIMPULAN. Simpulan berisi jawaban atas tujuan penelitian dan khusus tulisan koseptual: penegasan pendirian penulis. Disajikan dalam bentuk paragraf.
  4. REKOMENDASI. Pemberian rekomendasi memuat keterbatasan penelitian serta saran penelitian ke depan dan bagi praktis, disajikan dalam bentuk paragraf.

Kutipan dalam teks dibuat dalam format nama, tahun, seperti :

Dittmar dan Thakor (2006) untuk awal kalimat, dan (Dittmar dan Thakor,2006) untuk akhir kalimat.

Jika Penulis lebih dari dua dipergunakan et al. Setelah penulis pertama, seperti:

Garardi, et al. (2010).

Untuk referensi yang lebih dari satu, kutipan didasarkan atas kronologi tahun atau urutan abjad jika terdapat tahun yang sama.

Contoh (Marosi dan Massoud, 2008; Cohen dan Smitz, 2009; Verdelhan, 2010) atau (Hoberg dan Phillips, 2010; Liberti and Mian, 2010; Verdelhan, 2010)

 

 

 

  1. DAFTAR REFERENSI
  2. Diharapkan dirujuk referensi 10 tahun terakhir dengan proporsi pustaka primer (jurnal) minimal 80%.
  3. Hanya memuat referensi yang diacu dalam artikel dan ditulis secara alfabetis berdasarkan huruf awal dari nama penulis pertama.
  4. Cara penulisan daftar Referensi seperti yang dipakai pada sebagai berikut ini:

Jurnal

Dittmar, A. and Thakor, A. 2006. “Why do Firms Issue Equity?”. Journal of Finance, 62 (1): 1-54

Buku

Mooler, R. R. 2007. Caso Enterprise Risk Management: understanding the new integrated ERM Framework. New Jersey: Jhon Willey & Son, Inc.

Buku Kumpulan Artikel

Keasey, K. And Wright, M. (Eds.) 1997. Corporate Governance: Responsibilities, Risk and Remuneration. New York: New Jersey: Jhon Willey & Son, Inc.

Prosiding

Ernyan dan Husnan, S. 2002. Perbandingan Underpricing Penerbitan Saham Perdana Perusahaan Keuangan dan Non-Keuangan di Pasar Modal Indonesia: Pengujian Hipotesis Asimetrik Informasi. Prosiding, Simposium Nasional Keuangan dalam Rangka Dies Natalis Ke 47 Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada; Yogyakarta, 28 Sepetember 2002. Fakultas Ekonomi, UGM, Yogyakarta. Halaman 43-56.

Artikel dalam Buku

Ezzamel, M. and Watson, R. 1997. Executive Remuneration and Corporate Performance. In: K. Keasey & M. Wright. Eds. Corporate Governance: Responsibilities, Risk and Remuneration. Jhon Willey & Son, Inc., New York

Skripsi/Tesis/Disertasi

Terry, S. D. 2010. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Peringkat dan Yield Obligasi. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Duta Wacana. Yogyakarta

Internet

French, K. R. 2005. Data Library, http://www.mba.tuck.dartmouth.edu/pages/faculty/ ken.french/data library.html, Diakses 10 Januari, 2011

Dokumen Resmi

(ECFIN) Institute for Economic and Financial Research. 2011. Indonesian Capital Market Directory, 2011 Twenty-Second Edition

 

 

 

 

 

 

Teknis Penulisan :

  1. Maksimal artikel 16 halaman.
  2. Huruf : Times new roman. Ukuran huruf : judul (12 / BOLD, UPPERCASE), Sub topik (11 / Bold, UPPERCASE), isi pembahasan, nama gambar, nama tabel (11 / Sentense case).
  3. Spasi : Judul, Abstract, isi tabel, judul gambar dan tabel (1 spasi). Untuk isi pembahasan 1,5 spasi.
  4. Lembar kerja : Paper A4, margin kiri 3, kanan 2,5, atas 2,5, bawah 2,5.
  5. Halaman : diletakkan bagian bawah tengah.
  6. Tabel tidak menggunakan garis jaringan (gridlines), cukup gunakan garis horisontal di atas atau di bawah heading kolom dan di bawah baris akhir tabel atau panel.
  7. Judul tabel, grafik, histogram, sketsa, diagram, peta, bagan, dan gambar diberi nomor urut (1, 2, 3,.....n). Judul singkat tetapi jelas beserta satuan-satuan yang dipakai. Judul ilustrasi ditulis dengan jenis huruf Times new roman berukuran 12 point,
  8. Awal kata menggunakan huruf capital, dengan jarak 1 spasi. Tab masuk satu tab (5 ketukan) dari pinggir kiri (contoh dibawah)
  9. Keterangan tambahan tabel/gambar ditulis di sebelah kiri bawah menggunakan huruf Times new roman berukuran 10 point jarak satu spasi.
  10. Penulisan angka desimal dalam bentuk tabel untuk bahasa Indonesia dipisahkan dengan koma (,) dan untuk bahasa Inggris digunakan titik (.).
  11. Istilah Asing, Nama Latin, Yunani, atau Daerah dicetak miring.
  12. Satuan pengukur menggunakan Sistem Internasional (SI).

 

Mekanisme Penyuntingan Artikel

  1. Artikel harus mengikuti gaya selingkung yang telah ditetapkan. Artikel yang sesuai dengan gaya penulisan diteruskan ke Dewan Penyunting untuk ditelaah diterima atau ditolak, tetapi Artikel yang tidak sesuai akan dikembalikan ke penulis untuk diperbaiki dengan jangka waktu 3 hari setelah artikel dikirim balik.
  2. Artikel yang diterima atau Artikel yang formatnya sudah diperbaiki selanjutnya dicarikan Penyunting Ahli (Reviewer) tentang rekomendasi kelayakan terbit. Artikel yang sudah ditelaah oleh reviewer ada empat kemungkinan rekomendasi:
    1. Dapat diterima tanpa revisi,
    2. Dapat diterima dengan revisi kecil (revisi oleh reviewer dan penyunting pelaksana),
    3. Dapat diterima dengan revisi mayor (perlu direview lagi setelah revisi penulis), dan
    4. Tidak layak muat.
  3. Apabila terjadi ketidaksesuaian di antara para Reviewer, Dewan Editor dapat membuat keputusan untuk menerima berdasarkan pada suara mayoritas reviewer. Keputusan penolakan Dewan Editor dikirimkan kepada penulis serta alasan penolakannya.
  4. Artikel yang mengalami perbaikan dikirim kembali ke penulis untuk perbaikan. Artikel yang sudah diperbaiki oleh penulis diserahkan kepada Dewan Editor untuk diteruskan kepada Support assitant editor.
  5. Artikel siap di terbitkan secara online. Dan di cetak berdasarkan permintaan penulis, konfirmasi permintaan via email, pada awal artikel dikirimkan.

 

Dokumen Pendukung

  1. Artikel yang diterima sampai tahap review conten maka akan dikirimkan lembar pernyataan ke absahan artikel. Lembar pernyataan diisi dan dikirim balik.
  2. Setelah surat pernyataan di terima pihak editor maka akan di buatkan surat keterangan penerimaan artikel dan dikirimkan kepada peneliti.

 

 

CONTACT

LENSA EKONOMI

e-mail : ekonomilensa@gmail.com