Faktor Determinan Curahan Jam Kerja Tenaga Kerja ‘Ojek’ Sebagai Jasa Transportasi Kabupaten Manokwari
Abstract
This study aims to determine and analyze the effect of the amount of income, length of study, the ease of obtaining private vehicles, and accidents at working place on working hours of 'ojek' driver. The data was analysed by using multiple regression analysis methods. Results of the study stated that the amount of income has a positive and significant effect, the length of school has a negative and not significant effect, the ease of obtaining a private vehicle has a negative and not significant effect, work accidents have a positive effect and not significant to the working hours of motorcycle driver. At a confidence level of 93.8%, variations of all independent variables explain variation on the working hours spending, and the remaining 6.2% is explained by other factors outside the model.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh jumlah pendapatan, lama studi, kemudahan memperoleh kendaraan pribadi, dan kecelakaan di tempat kerja terhadap jam kerja pengemudi ojek. Analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa jumlah pendapatan berpengaruh positif dan signifikan, lama sekolah berpengaruh negatif dan tidak signifikan, kemudahan memperoleh kendaraan pribadi berpengaruh negatif dan tidak signifikan, kecelakaan kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap jam kerja pengemudi sepeda motor. Pada tingkat kepercayaan 93,8%, variasi dari semua variabel independen menjelaskan variasi pengeluaran jam kerja, dan 6,2% sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model.
References
Bellante, & Jackson. (1990). Ekonomi Ketenagakerjaan. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Bintarto. (1996). Tenaga Kerja dalam Pembangunan. Jakarta: LP3ES.
Effendy, T. P. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Tenaga Kerja Sektor Informal Di Kota Manado. Universitas Hasannudin.
Fajariah. (2017). Analisis Permintaan Jasa Ojek Online Di Kota Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Ghozali. (2013). Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Grossmann, M. (1999). The Human Capital Model of The Demand for Health. Cambridge: National Bureau of Economic Research.
Kamaludin. (2003). Ekonomi Transportasi Karateristik, Teori dan Kebijakan. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.
Khakim, R. (2016). Hubungan Antara Umur, Tingkat Pendidikan, Masa Berkendara Dan Pengetahuan Dengan Perilaku Safety Riding (Studi Pada Pengendara Ojek Sepeda Motor Di Kelurahan Kedungmundu Kota Semarang). Universitas Muhammadiyah, Semarang. Retrieved from http://lib.unimus.ac.id/
Layard. (1978). Micro Economic Theory. Mc. Graw Hill Book Company.
Nasution. (2008). Manajemen Transportasi (Kedua). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nawawi. (2001). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rasmawati. (2012). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Jam Kerja Wanita di Kota Makassar. Universitas Hasanuddin. Retrieved from http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/2254
Sumarsono, S. (2009). Ekonomi Sumber Daya Manusia Teori dan Kebijakan Publik. Jogyakarta: Graha Ilmu.

