Pengaruh pelatihan, Kompetensi Dasar Dan sertifikasi Terhadap Kinerja Guru SMK negeri 1 Manokwari
Abstract
Guru merupakan sumber daya terpenting dan sebagai salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu pendidikan. maka perlu memberikan perhatian besar kepada peningkatan dalam segi jumlah maupun mutunya dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan, maka harus dimulai dari aspek terpenting dalam pendidikan yaitu adanya tenaga pendidik professional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan, kompetensi dasar dan sertifikasi baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja guru SMK Negeri 1 Manokwari Provinsi Papua Barat. Populasi penelitian ini berjumlah 33 guru tersertifikasi, dengan menggunakan teknik sensus atau sampel jenuh. Metode analisis regresi berganda, Uji F dan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan variabel pelatihan dan kompetensi dasar secara parsial berpengaruh signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan pelatihan sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan kompetensi dasar sebesar 0,000 ≤ 0,05. Sedangkan variabel sertifikasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sertifikasi sebesar 0,057 ≥ 0,05. Secara simultan pelatihan, kompetensi dasar dan sertifikasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru SMK Negeri 1 Manokwari. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 ≤ 0,05. Kinerja guru SMK Negeri 1 Manokwari dapat dijelaskan oleh variabel pelatihan, kompetensi dasar dan sertifikasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien determinansi (adjusted R²) adalah sebesar 0,758 atau 75,8%. Mengingat pelatihan, kompetensi dasar dan sertifikasi berpengaruh signifikan dan memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap kinerja guru, maka SMK Negeri 1 Manokwari, harus lebih meningkatkan lagi pelatihan, kompetensi dasar dan sertifikasi agar mencapai dan meningkatkan kinerja guru.
Kata kunci. Pelatihan, Kompetensi Dasar dan Kinerja Guru
PDF Views : 459 times