Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Sebagai Generasi Muda Dalam Melakukan Investasi Cryptocurrency
Abstract
ABSTRACT
This study aims to analyze the factors influencing the interest of accounting students in investing in cryptocurrency. It is a quantitative research study, with primary data collected through a questionnaire. The population of this study consists of active students in Jember, East Java, Indonesia. The sampling technique used is purposive sampling with criteria including students majoring in accounting, having taken investment-related courses, and having invested in instruments other than cryptocurrency. Data analysis is performed using multiple linear regression analysis. The findings indicate that ease of use of technology, investment knowledge, and risk tolerance do not significantly influence students' interest in cryptocurrency investment, while social environment has a positive influence on students' interest in cryptocurrency investment. The implications of this study suggest that the investment interest of students or the younger generation is strongly influenced by the social environment.
Keywords: Cryptocurrencies, Interests, Investments
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi dalam berinvestasi di cryptocurrency. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif yang ada di Jember, Jawa Timur, Indonesia. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria yaitu mahasiswa jurusan akuntansi, sudah menempuh mata kuliah tentang investasi, dan pernah melakukan investasi di instrumen selain cryptocurrency. Analisis data dilakukan dengan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan menggunakan teknologi (ease of use), pengetahuan tentang investasi, dan toleransi terhadap risiko (risk tolerance) tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa terhadap investasi cryptocurrency, sedangkan lingkungan sosial berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa melakukan investasi di cryptocurrency. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat investasi mahasiswa atau generasi muda saat ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial.
Kata kunci: Cryptocurrencies, Investasi, Minat
References
Aini, N., Maslichah, & Junaidi. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman Investasi, Modal Minimum Investasi, Return, Risiko dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kota Malang). E-Jra 08, 08(05), 28–52.
Annur, C. M. (2022). Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/27/jumlah-investor-pasar-modal-capai-862-juta-orang-hingga-april-2022
Asmara, C. G. (2021). Meledak! Investor Kripto RI Capai 4,2 Juta, Kalahkan Saham. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20210420080336-17-239122/meledak-investor-kripto-ri-capai-42-juta-kalahkan-saham
Atmaranti, S., & Badowi, M. (Ed.). (2021). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020. Badan Pusat Statistik.
Azhar, Z., Azilah, N., & Syafiq, A. (2017). Investment Awareness Among Young Generation. 36(Icbmr), 126–135. https://doi.org/10.2991/icbmr-17.2017.12
Bank Indonesia. (2018). Mengenal Financial Teknologi. https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/mengenal-Financial-Teknologi.aspx
Burhan, F. A. (2022). OJK: Tren Fintech Akan Dipengaruhi Kripto, SuperApp, Dampak Sosial. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/6203a2b29dcd9/ojk-tren-fintech-akan-dipengaruhi-kripto-superapp-dampak-sosial
Cahya, B. T., & Wardhani, N. A. K. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Saham. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman, 7, 192–207.
Chandrarin, G. (2018). Metode Riset Akuntansi: Pendekatan Kuantitatif (edisi 2). Salemba Empat.
Dihni, V. azkiya. (2022). 32,7% Startup Indonesia Bergerak di Bidang Usaha General. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/25/327-startup-indonesia-bergerak-di-bidang-usaha-general
Ernando, bima agustino. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Empiris Pada Mahasiswa di Yogyakarta yang Tergabung di Galeri Investasi). Universitas Islam Indonesia.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program EBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.
Hasan, M. I. (2016). Pokok-Pokok Materi Statistik I (edisi 2). PT Bumi Aksara.
Karatri, R. H., Faidah, F., & Lailyah, N. (2021). Determinan Minat Generasi Milenial Dalam Investasi Pasar Modal Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 6(2), 35–52. https://doi.org/10.38043/jimb.v6i2.3193
Olavia, L. (2022). Yuk... Mengenal Risiko Investasi Aset Kripto dan Cara Menghindarinya. investor.id. https://investor.id/market-and-corporate/284303/yuk-mengenal-risiko-investasi-aset-kripto-dan-cara-menghindarinya
Pahlevi, R. (2021). Mayoritas Perusahaan Fintech Indonesia Berikan Layanan Aplikasi Pembayaran dan Pinjaman. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/22/mayoritas-perusahaan-fintech-indonesia-berikan-layanan-aplikasi-pembayaran-dan-pinjaman
Pajar, R. C. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa Fe Uny. Universitas Negeri Yogyakarta.
Putri, C. A. (2022). Terungkap, Orang Indonesia Lebih Suka Kripto Dibanding Saham. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20221110161922-17-386803/terungkap-orang-indonesia-lebih-suka-kripto-dibanding-saham
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). PT Alfabet.
Tumewu, F. (2019). Minat Investor Muda Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Melalui Teknologi Fintech. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 6(2), 133–145. https://doi.org/10.35794/jmbi.v6i2.26170
PDF Views : 89 times