Kecenderungan Mahasiswa Melakukan Kecurangan Akademik Dengan Pendekatan Fraud Pentagon Theory

  • Reny Lia Riantika Universitas Islam Indonesia
  • Alifia Diva Arifuddin Universitas Islam Indonesia

Abstract

ABSTRACT


            The fraud pentagon theory approach provides a useful theoretical framework for analyzing students' tendencies to engage in academic dishonesty. Pressure, opportunity, rationalization, competence, and hubris are the five pillars underlying this philosophy. The aim of this research is to examine these elements in order to better understand academic dishonesty and its causes. Undergraduate students from the Faculty of Business and Economics, Islamic University of Indonesia were compiled as the population in this study, and the sample used was active students from the Class of 2018-2021. This research uses primary data, which is taken directly from respondents using a questionnaire. This research obtained results based on questionnaire data that was successfully collected from 150 respondents. The analysis in this research uses Multiple Linear Regression Analysis with SPSS. The results of this study show that pressure, opportunity, rationalization, ability have a significant positive effect on academic cheating and arrogance has a negative effect on academic cheating behavior.


Keywords: Pentagon Fraud, Academic Cheating, Pressure, Opportunity, Rationalization, Capability, Arrogance


 ABSTRAK


      Pendekatan teori fraud pentagon memberikan kerangka teoritis yang berguna untuk menganalisis kecenderungan mahasiswa untuk terlibat dalam ketidakjujuran akademik. Tekanan, peluang, rasionalisasi, kompetensi, dan keangkuhan adalah lima pilar yang mendasari filosofi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji unsur-unsur tersebut agar dapat lebih memahami ketidakjujuran akademik dan penyebabnya. Mahasiswa S1 Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia disusun sebagai populasi dalam penelitian ini, dan sampel yang digunakan adalah mahasiswa aktif Angkatan 2018-2021. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu diambil secara langsung dari responden dengan menggunakan alat kuesioner. Penelitian ini memperoleh hasil berdasarkan kuesioner data yang berhasil diambil sebanyak 150 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan SPSS. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan akademik serta arogansi berpengaruh negatif pada perilaku kecurangan akademik.


Kata kunci: Fraud Pentagon, Kecurangan Akademik, Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Kemampuan, Arogansi

References

Albrecht, W., & et al. 2012. Fraud Examination Fourth Edition. Mason.

Alfian, N., & Rahayu, R. P. 2021. Pengaruh Fraud Pentagon terhadap Perilaku Kecurangan Akademik. Aktiva: Jurnal Akuntansi dan Investasi, 6(1), 60-75. http://dx.doi.org/10.53712/aktiva.v6i1.1130

Anindi D. S., Purwantini, A. H., & Maharani, B. 2022. Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi: Investigasi Dimensi Fraud Pentagon, Integritas dan Religiusitas. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper Fakultas Ekonomi (pp. 308-325). https://journal.untidar.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/535

Adriyana, R. (2019). Pengaruh orientasi etika, rasionalisasi, dan self efficacy terhadap kecurangan akademik. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(1), 7-12. http://dx.doi.org/10.31941/jebi.v22i01.765

Bashir, H., & Bala, R. 2018. Development and validation of academic dishonesty scale (ADS): Presenting a multidimensional scale. International Journal of Instruction, 11(2), 57–74. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1174929.pdf

Bungin, B. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Lainnya (7th ed.). Jakarta: Kencana.

Christiana, A., Kristiani, A., & Pangestu, S. 2021. Kecurangan pembelajaran daring pada awal pandemi: Dimensi fraud pentagon. Jurnal Pendidikan AkuntansiIndonesia, 19(1), 66-83.
https://doi.org/10.21831/jpai.v19i1.40734

Fadersair, K., & Subagyo, S. 2019. Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Ukrida. Jurnal Akuntansi Bisnis, 12(2). http://dx.doi.org/10.30813/jab.v12i2.1786

Febriana, N. R. 2020. Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Pentagon Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Pada Uji Kompetensi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(1). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6286

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Horwarth, C. 2011. What the Fraud Triangle is No Longer Enough. Horwart, Crowe LLP.

Hormati, G. A., Adechandra, D., & Pesudo, A. (2019). Pengaruh Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi Dan Kemampuan Terhadap Kecenderungan Aparatur Sipil Negara Dalam Melakukan Kecurangan Akuntansi Studi Empiris Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 9(2). https://doi.org/10.23887/jiah.v9i2.20583

Darmayanti, N., Rosyida, I. A., & Irawan, A. 2020. Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Jurusan. J- MACC, Journal of Management and Accounting 3(2), 41–54. https://doi.org/10.52166/j-macc.v3i2.2068

Kusuma, M. F. D. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Melakukan Tindakan Kecurangan akademik dengan Perspektif Fraud Diamond dan Religiusitas. Universitas Islam Indonesia. : 47-65. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7739

Maharani, I. F. 2018. Pengaruh Karakter Generasi Z berdasarkan Dimensi Fraud Diamond terhadap Kecurangan Akademik pada Mahasiswa Akuntansi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3999

Marks, J. 2020. Fraud Pentagon – Enhancements to the Three Conditions Under Which Fraud May Occur. Retrieved March 18, 2021, from BoardandFraud.cousm. https://boardandfraud.com/

Marsden, H., Carroll, M., & Neill, J. T. (2005). Who cheats at university? A self- report study of dishonest academic behaviours in a sample of Australian university students. Australian Journal of Psychology, 57(1), 1– 10. https://doi.org/10.1080/00049530412331283426

Muhsin, Kardoyo, & Nurkhin, A. 2018. What Determinants of Academic Fraud Behavior? From Fraud Triangle to Fraud Pentagon Perspective. KnE Social Sciences, 3(10), 154–167. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3126

Nulhaqim, S. A., Heryadi, D. H., Pancasilawan, R., & Ferdryansyah, M. 2016. Peranan Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Menghadapi Asean Community 2015 Studi Kasus: Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung. Share: Social Work Journal, 6(2), 197.https://doi.org/10.24198/share.v6i2.13209

Munirah, A., & Nurkhin, A. (2018). Pengaruh Faktor-Faktor Fraud Diamond dan Gone Theory Terhadap Kecurangan Akademik. Economic Education Analysis Journal, 7(1),120-139. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/22862

Oktarina, D. 2021. Analisis Perspektif Fraud Pentagon pada Terjadinya Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. EKONIKA Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 6(2), 227. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/ekonika

Widianto, A., & Sari, Y. 2017. Deteksi Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa D Iii Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal Dengan Modelfraud Triangle. Jurnal AKSI (Akuntansi Dan Sistem Informasi), 2(1). https://pnm.or.id/ejournal/index.php/aksi/article/view/74

Pratiwi, F. F. 2023. Pengaruh Fraud Pentagon Terhadap Kecurangan Akademik Pada Sistem Pembelajaran Daring: Pengaruh Fraud Pentagon Terhadap Kecurangan Akademik Pada Sistem Pembelajaran Daring. Journal Advancement Center for Finance and Accounting, 3(01), 22-36. http://journal.jacfa.id/index.php/publish/article/view/37

Sari, E. S. 1993. Audience Research: Pengantar Studi Penelitian terhadap pembaca, pendengar dan pemirsa. Penerbit Andi. https://www.google.co.id/books/edition/Audience_Research_Pengantar_Studi_Peneli/VRDSkNI2Lh4C?hl=en&gbpv=1&dq=Sari,+E.+S.+1993.+Audience+Research:+Pengantar+Studi+Penelitian+terhadap+pembaca,+pendengar+dan+pemirsa.+Penerbit+Andi.&pg=PR2&printsec=frontcover

Sasongko, N., Hasyim, M. N., & Fernandez, D. 2019. Analysis of behavioral factors that cause student academic fraud. Journal of Social Sciences Research, 5(3), 830–837. https://doi.org/10.32861/jssr.53.830.837

Sagoro, E. M. 2013. Pensinergian Mahasiswa, Dosen, dan Lembaga dalam Pencegahan Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 54.https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1691

Saunders, M., Lewis, P.Tornhill, A. 2012. Business Student Research Methods sixth edition. Italy: Pearson Education Limited.

Septiawati, D. 2022. Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru. Universitas Islam Riau. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/10882

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Sumarga, H. E., & Febrianto, H. G. 2020. Faktor-faktor yang mempengaruhi academic fraud mahasiswa akuntansi dan manajemen di tangerang dalam perspektif islam. Jurnal Manajemen, 12(2), 233–243.https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i2.7650

Swarjana, I. K. 2022. Populasi-Sampel, Teknik Sampling & Bias Dalam Penelitian.Penerbit ANDI.

Thohir, I. A., Putra, F. A., Alim, F. N., Suseno, M. T., & Yudha, S. S. P. 2021. Dampak perkembangan teknologi internet dalam pembelajaran jarak jauh bagi siswa pada masa pandemi covid-19. Journal of Education and Technology, 1(2), 93-103.http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/65/59

Ulfah, M., Nuraina, E., & Wijaya, A. L. 2017. Pengaruh Fraud Pentagon Dalam Mendeteksi Fraudulent Financial Reporting (Studi Empiris Pada Perbankan di Indonesia Yang Terdaftar Di Bei). Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi, 5(1), 399–UPP STIM YKPN.http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/FIPA/article/view/291

Utomo, L. P. 2018. Kecurangan Dalam Laporan Keuangan “Menguji Teori Froud Triangle.” Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 19(1), 77. http://dx.doi.org/10.29040/jap.v19i1.241

Wantiknas, 2023. Empat Kelebihan dan Kekurangan Dalam Menerapkan E- Learning. Badan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional. https://www.wantiknas.go.id/en/berita/empat-kelebihan-dan-kekurangan- dalam-menerapkan-e-learning

Widarjono, A. 2015. Statistika Terapan dengan Excel & SPSS (Edisi Pertama).Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Wolfe, B. D. T., & Hermanson, D. R. 2004. The Fraud Diamond: Considering the Four Elements of Fraud. The CPA Journal, 2, 42.
Statistik Abstract view : 41 times
Statistik PDF Views : 23 times
Published
2024-02-12
How to Cite
RIANTIKA, Reny Lia; ARIFUDDIN, Alifia Diva. Kecenderungan Mahasiswa Melakukan Kecurangan Akademik Dengan Pendekatan Fraud Pentagon Theory. ACE: Accounting Research Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 14-25, feb. 2024. ISSN 2808-8433. Available at: <https://journal.feb.unipa.ac.id/index.php/ace/article/view/317>. Date accessed: 13 apr. 2024.
Section
Articles