PROBLEMATIKA SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DI SEKOLAH DASAR YANG TERLETAK DI DAERAH TERPENCIL
Abstract
Jurnalinimenyorotimasalahkepegawaian di sekolahdasar di daerahterpencil. Keberhasilanpendidikantidaklepasdarisumberdayamanusia yang berperanyaitu guru ataudosen. Sekolah Dasar merupakanjenjangpendidikan yang paling lama berlangsungyaitu 6 tahun, dimanarendahnyapendidikan formal ini sangat menentukandalammembentukkarakterpesertadidik di masa depan. Jenis penelitianinidilakukandenganmenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganstudikasus. SDN 126 Selumamempunyai 8 orang guru dan 1 orang kepalasekolah, dimanahanya 4 orang guru yang bergelarsarjana (S1) dan 4 orang lainnyamerupakanlulusan. Hal initerletak di daerahyaitu Desa Keban Agung, Kecamatan Air Periukan, KabupatenSlli, Bengkulu Selatan, Selain itu, jumlahsiswakelas I-VI tahunajaran 2021/2022 sebanyak 129 orang. Pendidikharusmemilikikualifikasi yang sesuaiuntukmembantumeningkatkanketerampilansiswa, atausetidaknyamemilikigelarsarjana (S1) untukmengajar di tingkatsekolahdasar..
Kata Kunci: SDM, Sekolah Dasar,
References
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan RND. Bandung:
Alfabeta.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2003.
UharSuharsaputra. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.
Yosep Aspat. 2016. ExpertTeacher (Membedah Syarat-syarat untuk menjadi Guru Ahli). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.Vol 3 Nomor 1. Diakses tanggal 26 Desember 2018 dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ terampil/article/download/1328/1055.

