PENGARUH PERSEPSI HARGA, INFLUENCER, DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MLM TIENS SYARIAH
Studi Pada Konsumen PT. Singa Langit Jaya Di Kota Malang
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Apakah persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Tiens Syariah Malang. Dengan tujuan untuk mengetahui persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Tiens Syariah Malang. Penelitian ini menggunakan metode survei dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 175 responden yang merupakan konsumen produk Tiens Syariah di Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Dengan kriteria sampel yakni berdomisili Kota Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi harga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga yang sesuai dengan target pasar dan kualitas produk yang baik dianggap penting oleh konsumen dalam membuat keputusan pembelian berulang. Sedangkan influencer dan atribut produk menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian berulang.
References
Anjani, E. R., & Simamora, V. (2022). Pengaruh Influencer, Harga Dan Kualitas Produk Skincare Scarlett Whitening Terhadap Keputusan Pembeli Generasi Z, Dki Jakarta. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 1293–1308.
Asnawi, Nur, Dr. & Masyhuri Dr. Ir. (2011). Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN-Malang Press
Darmawan, M. I., Kiptiah, M., Ilmannafian, A. G., & Safitri, M. (2021). Pengembangan Atribut Produk Keripik Singkong Menggunakan Metode Value Engineering Berbasis Customer Oriented. Jurnal Teknologi Industri Pertanian,31(52), 70–77. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2021.31.1.70
Djati, T. A. (2020). Pemasaran Dalam Mempengaruhi Perilaku Konsumen “Decoy Effect” Membeli Produk Yang Lebih Mahal. Jurnal Brand, 2(2), 190–194. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand/article/download/672/516/
Evstigneev, I., Bahsoun, W., Taksar, M., MacLean, L., Ziemba, W. (2013). Prospect Theory: An Analysis Of Decision Under Risk., 99-127. https://doi.org/10.1142/9789814417358_0006
F S Putra, F. I., Aqmala, D., Haziroh, A. L., & Artikel, I. (2022). SENAMA Seminar Nasional Akuntansi dan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga. Seminar Nasional Akuntansi Dan Manajemen, 1–18.
Gama Rossa Romadhoningrum, S. B. S. (2022). PENGARUH ATRIBUT PRODUK, PROMOSI PENJUALAN, DAN WORD OF MOUTHTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN YANG DIMEDIASI OLEH PREFERENSI DAN MINAT BELI KONSUMEN(Studi pada Kosmetik Sariayu Marta Tilaar di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(3), 1. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index
Heng, Y. C., & Ng, A. H. H. (2020). Consumer buying decision towards MLM branded health supplement in Malaysia. International Journal of Business and Systems Research, 14(4), 471–488.
Heningnurani, A. Y. (2020). Strategi Pemasaran RSUD H Abdul Manap Kota Jambi. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(3), 153–164. https://doi.org/10.7454/arsi.v5i3.2897
I Made Adi Juniantara, & Tjokorda Gde R, S. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 11, 2018: 5955 – 5982.
Ikhsan, M Putra. 2014. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Pengguna Line Di Asia). Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 12 No. 1.
Kostić Stanković, M., Bijakšić, S., & Ćorić, N. (2020). INFLUENCER MARKETING AS A WAY OF PROMOTING A BRAND VIA SOCIAL NETWORKS. CroDim: International Journal of Marketing Science, 3(1), 146–158.
Laura Nabila Boko. (2022). Pengaruh Citra Merek , Potongan Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cv . Mitra Solusindo Engineering ( Studi Kasus Miniature Circuit Breaker ( Mcb ) Schneider. 1(2).
Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14.
Marques, H. K. O., Figueiredo, M. G. F., de Souza Pio, W. S., Ribeiro, L. M., de Azevedo, I. F. P., Duarte, L. P., de Sousa, G. F., de Aguilar, M. G., & Mercadante-Simões, M. O. (2023). Laticifer ontogenesis and the chemical constituents of Marsdenia zehntneri (Apocynaceae) latex in a semiarid environment. Planta, 257(1), 1–20.
Mitar, A. (2020). Influencer marketing. Josip Juraj Strossmayer University of Osijek. Academy of Arts and Culture in ….
Nafisah, Z. (2022). PENGARUH AKUPRESURE TERHADAP INTENSITAS NYERI HAID PRIMER PADA REMAJA PUTRI. Universitas Ngudi Waluyo.
Napik, Ahmad., Nurul Qomariah., Budi Santosa. (2018). Kaitan citra merek, persepsi harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian blackberry. Jurnal Penelitian Ipteks. Vol. 3(1). Hal: 73-85
Nuro, R. J., Sochib, S., & Mudhofar, M. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Publik, Dan Opini Auditor Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan Insutri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2015. Counting: Journal of Accounting, 1(4), 106–117.
Nursahid, I., Mufriantie, F. (2023). Sweetening the Deal: Investigating The Impact Of Product Quality And Price On Honey Purchase Behavior At Pt Kembang Joyo Sriwijaya, Malang. AGRIECOBIS, 01(6), 65-73. https://doi.org/10.22219/agriecobis.v6i01.25046
Oktavia, S. N., & Yulianti, V. (2021). The English Influence on Japanese, Indonesian and Malang Slang Words: a Study of Wakamono Kotoba, Bahasa Gaul, and Slang Malang. J-Litera: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Budaya Jepang, 3(2), 76. https://doi.org/10.20884/1.jlitera.2021.3.2.4669
Oktavian, R., Wahyudi, H. (2022). The Influence Of Product Quality and Price On Purchase Decisions. Almana, 2(6), 379-392. https://doi.org/10.36555/almana.v6i2.1911
Pratiwi, M., & Patrikha, F. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Se’I Sapiku Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1417–1427. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/41930
S, D. E. F., Sugito, S., & Efendi, R. (2021). The Influence of Multiple Roles on the Performance of Female Employees. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(1), 49. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i1.2215
Sansan Nurhasanah. (2019). ANALISIS KELOMPOK ACUAN DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TAS EIGER PADA EIGER STORE KOTA SUKABUMI. Journal of Economic, Business and Accounting, 8(5), 55.
Sarita, M., Febriyantoro, M., Zulkifli, Z., Suleman, D., Saputra, F., Suyoto, Y. (2022). The Influence Of Product Differentiation, Price and Positioning On Purchasing Decisions At Niceso Stores In South Tangerang. PSSJ, 4(2), 12-17. https://doi.org/10.55942/pssj.v2i4.177
Savitri, Ida Ayu Putu Dian., I Made Wardana. (2018). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan persepsi harga terhadap kepuasan dan niat beli ulang. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol 7(10). Hal: 5748-5782
Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 131–143.
Sonia Cipta Wahyurini, & Trianasari, N. (2020). Analisis Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Mitra Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i1.321
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmawati, M., & Manaf, A. (2019). Analisis Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Dan Perputaran Persediaan Terhadap Gross Profit Margin (GPM) Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2015. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 6–16.
Thaler, R. (2008). Mental Accounting and Consumer Choice. Marketing Science, 1(27), 15-25. https://doi.org/10.1287/mksc.1070.0330
Wahyudi, R. (2022). Pengaruh Iklan Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Item Virtual Padagames Online Mobile Legends. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5), 563–578. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.64
Wandita, F. H., Wardianto, K. B., Nugeraha, P., Administrasi, I., & Universitas, B. (2021). APLIKASI SHOPEE STUDENT DECISIONS IN MAKING PURCHASES THROUGH THE SHOPEE APPLICATION. 1.
Zukhrufani, A., & Zakiy, M. (2019). The effect of beauty influencer, lifestyle, brand image and halal labelization towards halal cosmetical purchasing decisions. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 5(2), 168.
PDF Views : 163 times