PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA “TIKTOK SHOP”
Abstract
ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh keragaman produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada pengguna Tiktok Shop. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keragaman produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada pengguna Tiktok Shop. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif yang mengkaji pengaruh keragaman prodk (X1), harga (X2), dan Promosi (X3) terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan objek penelitian yaitu mahasiswa UIN Malang sebagai pengguna Tiktok Shop. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah accidental sampling, dimana sampel yang digunakan yaitu responden yang secara kebetulan ditemui oleh peneliti. Jumlah sampel yang diteliti adalah 100 responden. analisis yang digunakan peneliti regresi linier berganda Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keragaman produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, promosi tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, keragaman produk, harga, dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada pengguna Tiktok Shop.
References
Amalia, (2017). Pengaruh Keragaman Produk, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen pada Pembelian Hijab di Toko “Mahkota” Gading Mangu Jombang. Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia Kediri
Ardina, (2018). Pengaruh Persepsi Kualitas dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian AQUA di Kota Samarinda. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda,
Buchari Alma, 2007, Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.
Hasbiyadi, H., Mursalim, M., Suartini, S., Djunaid, S., & Masrum, A. A. (2017). Pengaruh Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Villa Samata Sejahtera pada PT. Sungai Saddang Sejahtera. Jurnal Ilmiah Bongaya, 2(2), 57-64.
J, Supranto. dan Limakrisna Nandan (ed.). 2011. Prilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: ErlanggaDepartemen Agama RI. 2007. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Surakarta: Media Insani.
Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, Jakarta: PT. Indeks,
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2009. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Muzammil Ilmi, Dkk (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Cair Feira White Shower Cream Di Surabaya (Doctoral Dissertation, Universitas Wijaya Putra).
Prasetyo, (2015). Pengaruh Store Atmosphere, Keragaman Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mirota Batik Yogyakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Yogyakarta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabet
Ulfami, P. (2020). engaruh Desain Produk, Keragaman Produk, dan Harga terhadap keputusan pembelian pada online shop Giyomi Melalui Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(1), 702-708.
Utami, Christina Whidya. 2016. Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Ritel Modern). Jakarta: Salemba Empat.
Wakidah, (2015). Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret (Studi kasus pada konsumen Indomaret Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 71 Cabang Kota Kediri). Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri,
PDF Views : 684 times