ANALISIS FAKTOR PENDORONG DAN FAKTOR PENARIK TERHADAP MINAT WISATAWAN BERKUNJUNG PADA OBJEK WISATA PULAU UM
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi minat wisatawan berkunjung pada Objek Wisata Pulau Um Kabupaten Sorong.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis permasalahan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang berkunjung diwilayah Pulau Um Kabupaten Sorong. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 95 responden. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung pada respoden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukkan bawah: (1) faktor pendorong secara parsial berpengaruh terhadap minat wisatawan berkunjung, (2) faktor penarik secara parsial berpengaruh terhadap minat wisatawan berkunjung, (3) faktor pendorong dan faktor penarik secara simultan berpengaruh terhadap minat wisatawan berkunjung. Saran bagi pihak pengelolah agar dapat memperhatikan faktor pendorong dan faktor penarik yang dapat menarik wisatawan berkunjung ke objek wisata pulau Um.
ABSTRAK
This study aims to determine what factors influence the interest of tourists visiting the tourist attraction on the island of Um, Sorong Regency. This study uses a quantitative approach with the type of associative problem. The population of this study is all tourists who visit the um island area, Sorong district. The number of samples of this study were 95 respondents. Data collected using a questionnaire distributed directly to the respondents. Data analysis technique using multiple linear regression analysis.The results showed that: (1) push factors partially influence the interest of visiting tourists, (2) pull factors partially affect the interest of visiting tourists, (3) push factors and pull factors simultaneously affect the interest of tourists visiting. Suggestions for the manager to pay attention to the push and pull factors that can attract tourists to visit the tourist attraction of the island of um.
Keywords: push factors, pull factors, interest in visiting
References
Cahyani, A. Y. (2021). Pengaruh Penerapan Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Terhadap Produk Arrum Haji Guna Menarik Minat . E-Proseding Of Apllied Sciens : Vo.7.No.6, Desember 2021, 2536-2550.
Dhea Azar Melati Putri, H. N. (2018). Faktor Pendorong Dan Penarik Wisatawan Terhadap Jazz Gunung Bromo Sebagai Atrasi Music Tourm Dijawa Timur. Vol. 6, No. 1, 1, 2018, 25-37.
Danu Hermansyah Dan Bagja Waluyah. 2012. Analisis Faktor-Faktor Pendorong Motivasi Nusantara Terhadap Kepuutusan Berkunjung Ke Kebun Raya Bogor. Vol. II,No.1,2012,245-268
Dr. Didin Fatihudin, S. D. (2019). Manajemen Jasa ( Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelaggan ). Surabaya: Vc.Budi Utama.
Fitria Halim, A. Z. (2021). Manajemen Pemsaran Jasa. Yayasan Kita Menulis.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang
Gagah Bimo Setyo Petra, S. K. (2015). Pengaruh Citra Perumahan Terhadap Minatb Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung. JAB Vol. 26 No. 20 September 2015, 1-8.
Hanum, F. (2014). Peran Dan Fungsi Bahasa Indonesia Dalam Manajemn Pemasaran. Jurnal Ecobisma Vol.1,No1, 2014, 98-107.
Heru Aulia Azman, Y. E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Berulang Wisatawan Milenial Ke Bukittinggi. Andalan Management Review, Vol. 4 No. 1 2020, 1-17.
I Gde Pitana dan Putu G. Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata. ANDI. Yogyakarta
Marpaung, B. (2020). Motivasi Pendorong, Penarik Dan Karakter Pribadi,Pengaruhnya Terhadap Kunjungan Ulang Wisatawan Minat Khusus Pendakian. Vol.2, No 1, April 2020, 299-307.
Malhotra, Naresh K. Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan. Edisi Keempat. Jilid 2. PT Indeks. Jakarta. 2006
Mardalis. Metodologi Peneitian: Suatu Pendekatan Proposal. Bumi Aksara. Jakarta. 2008
Ni Wayan Ana Pradnya Dewi, M. S. (2017). Faktor Pendorong Dan Penarik Orang Bali Berwisata Ke Luar Negeri. Jumpa Volume 3 Nomor 2 Januari 2017 , 207 - 222 .
Perreault, Mc Carthy 2008. Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global. Jakarta:Salemba.
Raymon Panjaitan, S. (2018). Manajemen Pemasaran. Semarang: Sukarno Pressindo.
Risma Ameliana. (2019). Analisis Faktor Pendorong Dan Penarik Wisatawan Yang Berkunjung Ke Curug Malela Kabupaten Bandung Barat.
Shofiyah Rahmah Muthmainnah, R Nurafni Rubiyanti. (2020). Pengaruh Faktor Pendorong Dan Penarik Minat Halal Wisata Ke Luar Negeri Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderator. Jumpa Volomen 5 Nomor 3 Oktober 2020, 274-285.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung. 2016
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis, Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alvabeta, Vc.
Summi, Z. I. (2011). Faktor-Faktor Pendorong Dan Penarik Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Gunung Dempo Kota Pagar Alam. 1-12.
Virza Aliffaudy, N. R. (2019). Pengaruh Persepsi Nilai, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Berkunjung . Jurnal Ilmiah Riset Manajemen 8 (12) 2019, 14-27.
Wicaksono, M. A. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @Wisatadakwahokura Terhadap Minat Berkunjung Followers. Jom Fisip. Vol. 4 No. 2 Oktober 2017, 1-13.
Yudho Irianto, (2017) Pengaruh Faktor Pendorong Dan Faktor Penarik Terhadap Minat Kembali Wisatawan Dengan Keputusan Destinasi Sebagai Mediator. ISSN,2085-7993
PDF Views : 576 times