EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN CITRA BATIK PAMEKASAN

  • Innani Fita Sashela IAIN MADURA

Abstract

Media sosial menjadi sangat penting ketika menjalankan suatu usaha atau bisnis, terutama di era teknologi yang berkembang begitu pesat pada saat ini. Dengan mengoptimalkan akses jejaring media sosial tentu saja dapat membantu memudahkan pemilik usaha dalam mengenalkan produknya pada konsumen. “Citra Batik” merupakan usaha batik tulis yang ikut mempromosikan usaha batiknya di media sosial seperi Instagram. Penelitian ini membahas tentang bagaimana Efektivitas pemanfaatan media sosial, terutama instagram dalam memasarkan produk “Citra Batik”. Tujuan diadakannya penelian ini untuk mengetahui prospek keberhasilan media sosial Instagram, yang digunakan sebagai media pemasaran dalam membantu meningkatkan penjualan batik tulis di “Citra Batik” Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, sedangkan untuk metode pengumupulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Dalam hal ini Peneliti menarik kesimpulan  bahwa “Citra Batik” berhasil melakukan efektivitas pemanfaatan media sosial dalam kegiatan usahanya sehingga dapat meningkatkan minat pasar dalam membeli produk ”Citra Batik”.

References

Ainun Saraswati, D., Chatia Hastasari, dan, Studi Komunikasi, P., Ilmu Sosial, F., Negeri Yogyakarta, U., Colombo Yogyakarta No, J., & Malang, K. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok. co dalam Mempertahankan Brand Engagement. E-Journal.Unair.Ac.Id, 9(2), 114–128. https://doi.org/10.20473/bk.v9i2.22980
MA Pasigai. (2010). Pentingnya Konsep Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Balance Jurnal Ekonomi, 6(2). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jeb/article/view/581
MEKA PRASETYANINGRUM, A. T. (2020). Perkembangan Batik Tulis Di Desa Klampar Kabupaten Pamekasan Tahun 2009-2017. Avatara, 8(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/29/article/view/32036
Puspitarini, D., Common, R. N.-J., & 2019, undefined. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Ojs.Unikom.Ac.Id, 3. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1950
Putri, B. R. T. (2017). Menejemen Pemasaran. Fakultas Peternakan Universitas Udayana.
Statistik Abstract view : 372 times
Statistik PDF Views : 275 times
Published
2023-06-01
How to Cite
SASHELA, Innani Fita. EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN CITRA BATIK PAMEKASAN. Cakrawala Management Business Journal, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 75 -81, june 2023. ISSN 2623-0887. Available at: <https://journal.feb.unipa.ac.id/index.php/cmbj/article/view/235>. Date accessed: 11 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.30862/cm-bj.v6i1.235.