PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BRAND SCARLETT

  • Sylvia Margareth Sabarofek Universitas Papua

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh social media marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian brand Scarlett (studi kasus konsumen VIDA Shop di Kabupaten Manokwari).


Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis permasalahan assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah followers Instagram VIDA Shop yang menggunakan dan pernah menggunakan produk brand Scarlett. Teknik pengumpulan sampel adalah non probability sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Data primer yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan menyebarkan kuesioner. Data sekunder diperoleh dari jurnal, buku, website, Instagram dan data penjualan yang berkaitan dengan penelitian ini.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Social media marketing berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan pembelian brand Scarlett, dan hasil uji selanjutnya menunjukkan bahwa variabel Brand awareness berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan pembelian brand Scarlett. Serta secara simultan menujukkan bahwa variabel Social media marketing dan brand awareness berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan pembelian brand Scarlett, artinya Social media marketing yang menarik dan brand awareness yang mudah diingat dapat meningkatkan keputusan pembelian brand Scarlett di VIDA Shop.

Statistik Abstract view : 435 times
Statistik PDF Views : 824 times
Published
2023-05-31
How to Cite
SABAROFEK, Sylvia Margareth. PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BRAND SCARLETT. Cakrawala Management Business Journal, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 29-45, may 2023. ISSN 2623-0887. Available at: <https://journal.feb.unipa.ac.id/index.php/cmbj/article/view/225>. Date accessed: 21 may 2025. doi: https://doi.org/10.30862/cm-bj.v6i1.225.