EFEK PANDEMI COVID19 PADA PEMBELIAN IMPULSIF MASYARAKAT MANOKWARI

  • Claudia Agisera Marani Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Mahestu Krisjanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pandemi COVID-19, sebagai suatu keadaan darurat kesehatan masyarakat dapat memotivasi perilaku pembelian impulsif masyarakat kota Manokwari. Data dari 163 responden diolah dengan analisis structural equation modelling (SEM) yang dengan bantuan program Smart PLS (Partial Least Square). Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat keparahan pandemi yang dirasakan berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian impulsif. Kontrol yang dipersepsikan ditemukan berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian impulsif. Materialisme berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian impulsif. Materialisme dalam penelitian ini ditemukan tidak memberikan efek mediasi terhadap kontrol yang dipersepsikan pada pembelian impulsif namun terdapat pengaruh langsung antara kontrol yang dipersepsikan terhadap pembelian impulsif.

Statistik Abstract view : 340 times
Statistik PDF Views : 313 times
Published
2022-11-26
How to Cite
MARANI, Claudia Agisera; KRISJANTI, Mahestu. EFEK PANDEMI COVID19 PADA PEMBELIAN IMPULSIF MASYARAKAT MANOKWARI. Cakrawala Management Business Journal, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 157 -179, nov. 2022. ISSN 2623-0887. Available at: <https://journal.feb.unipa.ac.id/index.php/cmbj/article/view/191>. Date accessed: 09 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.30862/cm-bj.v5i2.191.