SIKAP KONSUMEN TERHADAP TABUNGAN SUTERA BANK BPD DIY

-

  • Burhanudin - - Universitas Janabadra Yogyakarta
  • Agnes Ratih Ari Indriyani Universitas Janabadra Yogyakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan sikap konsumen terhadap tabungan sutera bank BPD DIY berdasarkan jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan tingkat pendidikan. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 85 orang responden yang berdomisili di kecamatan Sanden, kabupaten Bantul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan sikap konsumen terhadap tabungan sutera bank BPD DIY berdasarkan jenis kelamin, ada perbedaan sikap konsumen terhadap tabungan sutera bank BPD DIY berdasarkan pendapatan, dan ada perbedaan sikap konsumen terhadap tabungan sutera bank BPD DIY berdasarkan pendidikan terakhir.

References

Astutie, E. P., Masyhuri, M., & Mulyo, J. H. (2019). Analisis Sikap Konsumen Pasar Swalayan Terhadap Sayuran Organik. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(11), 183–194.
Buchari, I., Rafiki, A., & Al Qassab, M. A. (2015). Awareness and Attitudes of Employees Towards Islamic Banking Products in Bahrain. Procedia Economics and Finance, 30, 68–78.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Ketiga). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dwiatuti, R., Agustina, S., & Isaskar, R. (2012). Ilmu Perilaku Konsumen. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 23 (8th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jusoh, Z. M., & Ling, G. H. (2012). Factors Influencing Consumers’ Attitude Towards E-Commerce Purchases Through Online Shopping. International Journal of Humanities and Social Science, 2(4), 223–230.
Kotler, P., & Arstrong, G. (2018). Principles of Marketing (Global Edition). United Kingdom: Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Global Editions). England: Pearson Education.
Mustafa, Z. (2013). Mengurai Variabel Hingga Instrumentasi. Yogyakarta: Graha ilmu.
Onyia, O. P., & Tagg, S. K. (2011). Effects of Demographic Factors on Bank Customers’ Attitudes and Intention Toward Internet Banking Adoption in a Major Developing African Country. Journal of Finansial Service Marketing, 16(3–4), 294–315.
Priyatno, D. (2012). Belajar Praktis Analisis Parametrik dan Non Parametrik dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach (Seventh Edition). United Kingdom: John Wiley & Sons.
Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &. D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Kedua). Bogor: Ghalia Indonesia.
Tamubae, A. S., Areros, W. A., & Tatimu, V. (2020). Motivasi dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Sigra. Productivity, 1(5), 383–389.
Undang-undang Perbankan Nomor 10. (1998).
www.bpddiy.co.id. Diakses 13 Oktober. (2021).
Statistik Abstract view : 443 times
Statistik PDF Views : 363 times
Published
2022-11-30
How to Cite
-, Burhanudin -; INDRIYANI, Agnes Ratih Ari. SIKAP KONSUMEN TERHADAP TABUNGAN SUTERA BANK BPD DIY. Cakrawala Management Business Journal, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 248 -260, nov. 2022. ISSN 2623-0887. Available at: <https://journal.feb.unipa.ac.id/index.php/cmbj/article/view/184>. Date accessed: 09 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.30862/cm-bj.v5i2.184.