PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 MANOKWARI

  • Nurlaela Nurlaela universitas Papua
  • Natalia Aduari universitas Papua
  • Dirarini Sudarwadi universitas Papua

Abstract

As an educational institution, SMA Negeri 1 requires teachers with good pedagogic and professional competence, so as to achieve the desired quality of performance. The purpose of this study was to determine the effect of pedagogic competence and professional  competence  on  teacher  performance at SMA  Negeri 1


Manokwari partially and simultaneously.


 


This type of research is quantitative with associative problems. The sample in this study were  50  teachers.  The data  collection method used is  a questionnaire,  with a  non- probability sampling technique and multiple linear regression data analysis.


 


 


 


 


 


Page | 1


 


 


 


 


 


 


The results of the partial test show that pedagogic competence and professional competence have an effect on teacher performance. This is indicated by a significant value of 0.000 for pedagogic competence and professional competence of 0.034, both of which the probability values of these competencies are smaller than the error rate of 0.05. And the results of the simultaneous test showed that pedagogic competence and professional competence had an effect on teacher performance, it was indicated by a sig f value of less than 0.05 (0.000 < 0.05). Suggestions for SMA Negeri 1 Manokwari to further improve pedagogic competence by frequently conducting training on the use of computers, LCD projectors and adding focusing equipment. And for professional competence by providing room for actualization for every teacher regardless of employment status.


 


Keywords : Pedagogic Competence, Professional Competence, Teacher Performance.


 


 

References

Humalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Suparmoko. 2009. Metode Penelitian Praktik (Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan
Bisnis) Edisi Ke IV. BPFE-Yogyakarta: Yogyakarta.
Sutrisno, edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ke lima :Pranada Media
Group. Jakarta.
Rivai Veithzal dan Sagala J. Ella. 2009. Manajemen Sumberdaya Manusia Untuk
Perusahaan. Rajawali Pers. Jakarta Grafindo Persada: Jakarta.
Anis Muhamad & Y.Sutomo.2013. Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Dimoderasi Kepemimpinan Kepala Sekolah (Studi pada Mts swasta kecamatan Winong Kabupaten Pati).
Supriyono, Asmin. 2019. Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, Dan Motivasi
Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen. Vol.2. No.1.
Ningrum, dkk; 2016. Pengaruh kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 6
Singraja. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE). Vol. 7. No.2. Sobandi Ade H. 2010. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru
SMKN Bidang Keahlian Bisnis Dan Manajemen Di Kota Bandung. Manajerial. Vol. 9. No. 17.
Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT. Remaja Rosdakarya. Braningsih, Palupi. 2011. Pengaruh Sertifikasi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru
(Studi Kasus SMK Se-Kabupaten Srager).
Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama : Prenada Media
Group. Jakarta.
Murwati Hesti. 2013. Pengaruh Sertifikasi Profesional Guru Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru di SMK Negeri Se-Surakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (BISE). Vol.1. No. 1.
Kaindah Lely. 2015. Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru di
Moderasi Iklim Organisasi (Studi pada SMP Muhammdiyah Se-Kabupaten
Pati).
Mulyasa . 2005. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan
Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
Pemerintah Republik Indonesia. 2005. Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru
dan Dosen (UUGD).
Trianto & Titik Triwulan Tutik (2007). Sertifikasi guru dan Upaya Peningkatan kualifikasi, kompetensi & kesejahtraan. Terbitan Perpustakaan Nasional Katalog. Jakarta.
Sugiyono. 2009. Statistik untuk pelatihan. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Siregar Sofiyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT.Fajar Interpratama
Mandiri.
Ali, Muhson. 2014. Meningkatkan Profesional Guru Sebuah Harapan. Jurnal Pendidikan
dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Vol.2. No. 1.







Page | 14






Moeheriono. 2009. Pengukuran Kinerja berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia Indonesia
Anggota IKAPI.
Nurdianti, raden, roro, suci. 2017. Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Negeri di kota Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis. Vol. 18. No. 2.
Riesminingsih. 2013. Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru SMA Yadika 3 Karang Tengah. Jurnal MIX. Vol. III. No.3.
Sarimaya, Farida. 2008. Sertifikasi guru. Yramawidya. Bandung.
Rohimah.S. 2013. Pengaruh Kompetensi Guru, Disiplin kerja Terhadap kinerja dan
Kepuasan Kerja. Tesis.
Anwar, M. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Kencana.
Priansa, D.J. 2017. Menjadi Kepala Sekolah dan Guru Profesional : Konsep, Peran
Strategis, dan Pengembangannya. Bandung :Pustaka Setia.
Amstrong & Kotler. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Terjemahan Sofyan dan
Haryanto. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Sela, lengkong, Trang. 2018. Pengaruh Kompetensi dan Desain Pelatihan terhadap
Kinerja Guru (Studi Kasus SMA/SMK Manado Pada Dinas Pendidikan Daerah
Provinsi Sulawesi Utara). Jurnal EMBA, Vol.6. NO.4. 2368-2377.
Statistik Abstract view : 739 times
Statistik PDF Views : 569 times
Published
2022-02-01
How to Cite
NURLAELA, Nurlaela; ADUARI, Natalia; SUDARWADI, Dirarini. PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 MANOKWARI. Cakrawala Management Business Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 940-954, feb. 2022. ISSN 2623-0887. Available at: <https://journal.feb.unipa.ac.id/index.php/cmbj/article/view/164>. Date accessed: 06 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.30862/cm-bj.v4i2.164.

Most read articles by the same author(s)