Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved Di Thriftshop Online Instagram
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand image, harga dan fashion lifestyle terhadap keputusan pembelian pakaian branded preloved di thriftshop online instagram. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya thriftshop yang menjual pakaian branded preloved baik online maupun offline. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengambilan sampelnya yaitu non-probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Dengan responden sebanyak 80 orang. Teknik pengumpulan datanya melalui kuesioner dan diolah menggunakan SPSS 23. Analisis datanya yaitu regresi linier berganda dan terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand image, harga dan fashion lifestyle secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian branded preloved di rilyshop. Secara parsial variabel brand image tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, Sedangkan variabel harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembeliandan Variabel fashion lifestyle juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
References
Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.
Basyir, Azhar. 2019. Pengaruh Fashion Lifestyle Dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Beli (Studi Terhadap Konsumen Batik Tulis Madura Al-Fath KKG Bangkalan). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 07(03), 564-570.
Darwis, Edy Gufran. 2017. “Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelianmobil Toyota Avanza Pada Pt. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar”. Skripsi—Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Junita, Shanty. 2015. “Hubungan Brand Image Dengan Pengambilan Keputusan Pembelian Iphone Series”. Skripsi—Universitas Kristen Satya Wacana.
Keller, Kevin. 2013. Strategic Brand Management, Building Measurement And Managing Brand Equity, NJ Person Education International.
Kotler, dan Armstrong. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2014. Manajemen Pemasaran Jilid II Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, B., Sutrisno, & Damayanti, L. 2020. Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie (Studi Pada Perguruan Tinggi Di Kabupaten Kendal). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Sam Ratulangi, 7(3), 476-486.
Miati, Iis. 2020. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi Pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Jurnal Abiwara, 1(2), 71-83.
Parengkuan, V., Tumbel, A., & Wenas, R. 2014. Analisis Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head And Shoulders Di 24 Mart Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1792-1802.
Rochmania. 2016. Pengaruh Celebrity Endorsement pada Instagram terhadap Minat Beli Produk Mode Lokal. Jurnal Manajemen, 3(2), 1103-1112.
Sanawiri, B., & Mubarak, S. 2018. Pengaruh Fashion Lifestyle Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Pakaian Second Hand @Tangankedua). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 55(3), 33-40.
Sarah, S., Rachman, A., & Febrianti, T. 2019. Pengaruh Fashion Lifestyle, Design, Dan Selebrity Endorser Terhadap Purchase Intention (Studi Pada UMKM Cibaduyut Bandung). Jurnal Indonesia Membangun, 18(3), 60-75.
Sari, D.N, DH, Achmad., & Devita, L. 2018. Pengaruh Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Butik Ria Miranda Cabang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 60(1), 82-89.
Serdamayanti, & Hidayat, Syarifudin. 2016. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.
Sucidha, Irma. 2019. Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Value Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Pelanggan Duta Mall Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(1), 1-10.
Suciningtyas, Wulan. 2012. “Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian”. Management Analysis Journal, 1(1).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
www.digimind.id (Asosiasi Digital Marketing Indonesia)
www.instagram.com
www.katadata.co.id
PDF Views : 4600 times