ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PADA RESTORAN MCDONALD'S DI KABUPATEN KARAWANG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli pada restoran McDonald’s yang terdapat di Kabupaten Karawang. Faktor yang coba dibahas adalah kualitas makanan, kualitas pelayanan, lingkungan restoran dan harga yang ditawarkan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis faktor dimana populasi merupakan rata-rata pengunjung dari ketiga restoran perbulan sehingga diambil sampel melalui rumus slovin dan didapat 100 orang yang pernah mengunjungi restoran McDonald’s di Kabupaten karawang. Hasil pengujian dari analisis faktor menunjukan bahwa: (1) terbentuk 3 faktor yaitu faktor komunikasi, kecepatan pelayanan dan lokasi restoran. (2) faktor paling dominan yang paling mempengaruhi minat beli adalah faktor lokasi restoran. Hal tersebut menunjukan bahwa lokasi restoran McDonald’s mudah dijangkau oleh para konsumen sehingga kemudahan untuk membeli semakin meningkat.
Keywords: Minat Beli, Kualitas Makanan, Pelayanan, Lingkungan Restoran, Harga.
ABSTRAC
This study aims to determine the factors that influence purchasing intention at McDonald's restaurants in Karawang. The factors are trying to discuss are food quality, service quality, restaurant environment and the price offered. The research method used is factor analysis in which the population is the average visitor from the three restaurants per month so that the sample is taken using the Slovin formula and obtained 100 people who have visited McDonald's restaurant in Karawang. The test results from the factor analysis show that: (1) 3 factors are formed, namely the communication factor, service speed and restaurant location. (2) the most dominant factor affecting purchase intention is the location of the restaurant. This shows that McDonald's restaurant locations are easily accessible to consumers so that the ease of buying is increasing.
Keywords : Purchase Intention, Food Quality, Servive Quality, Restaurant Environment, Price
PDF Views : 1326 times