PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN PASIEN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS 1 PESERTA BPJS DI RSUD KARAWANG

  • Ina Ratnasari Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan pasien terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas 1 peserta BPJS di RSUD karawang, baik secara parsial maupun secara simultan.


Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif causal. Data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melakukan survey dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dengan melakukan wawancara dan menyebarkan kuisioner dan data kuantitatif  digunakan untuk penelitian populasi atau sampel tertentu, dan analisis data bersifat statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Teknik analisis data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan software SPSS 24. 


Hasil Penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dan kepercayaan pasien berpengaruh terhadap terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas 1 peserta BPJS di RSUD karawang.

References

Danesh S.N., Nasab, S.A.& Ling, K.C. (2012). The Study of Customer Satisfaction, Customer Trust and Switching Barriers on Customer Retention in Malaysia Hypermarkets. International Journal of business and Management, 7, 7.
Dewangga, S Nandi, Wahyu Hidayat dan Widiartanto. (2014). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Hotel Santika Premiere Semarang. Diponegoro.Journal Of Social And Politic Tahun 2014, Hal. 1-10.
Diza, Farah, Silcyljeova Moniharapon, Imelda W. J Ogi. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada PT.FLF Group). Jurnal EMBA.Vol.4.No.1. https://doi.org/10.35794/emba.v4i1.11568
Kotler, P., dan Keller, K. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga; Jakarta
Lupiyoadi Rambat. (2014).Manajemen Pemasaran Jasa.Edisi 3.Salemba Empat; Jakarta.
Nasution, M. Nur. (2010). Manajemen Mutu Terpadu. Ghalia Indonesia ; Bogor.
Risbandi, Riski. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rs Cahya Kawaluyan Kota Baru Parahyangan. Skripsi. Program Magister Manajemen.Universitas Widyatama Bandung.
Rusandy, Deby Santyo. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. (JMK) Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 1, Nomor 3, Hal 191-205. ISSN 2656-0771.
Sirait, Dodi Putra. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Digest Marketing Vol. 3 No.1, Januari – Juli, 2018 ISSN : 2338 – 123 X hal 79-85
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta ; Bandung.
Sunyoto, Danang, F. E. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. CAPS ; Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2012). Service Management: Mewujudkan Layanan, Prima Edisi II. ANDI ; Yogyakarta
Yamit, Zulian. (2013). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonisa; Yogyakarta.
Statistik Abstract view : 1031 times
Statistik PDF Views : 1228 times
Published
2021-09-14
How to Cite
RATNASARI, Ina. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN PASIEN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS 1 PESERTA BPJS DI RSUD KARAWANG. Cakrawala Management Business Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 685-698, sep. 2021. ISSN 2623-0887. Available at: <https://journal.feb.unipa.ac.id/index.php/cmbj/article/view/117>. Date accessed: 11 dec. 2024.