Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Persepsi Mahasiswa Tentang Etika Profesi Akuntan
Abstract
ABSTRACT
This study aims to empirically examine the influence of emotional intelligence, intellectual intelligence and love of money toward student’s perceptions on accountant professional ethics. Research data were collected by giving questionnaires to 91 accounting students of Economic and Business Faculty at Universitas Papua. The number of respondents is determined using saturated sampling technique. The data were then analyzed by using multiple linear regression analysis. The results of this study shows that from the three factors examined only intellectual intelligence that has influence towards student’s perception on accountant professional ethics. Whereas emotional intelligence and love of money have no influence toward student’s perception on accountant professional ethics.
Keywords: Emotional Intelligence, Intellectual Intelligence, Love of Money, Student’s Perception, Accountant Profesional Ethics
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan love of money terhadap persepsi mahasiswa tentang etika profesi akuntan. Data penelitian ini diperoleh dengan membagikan kuisioner kepada 91 mahasiswa akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Papua. Jumlah responden yang dijadikan sampel tersebut ditentukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh, Data kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari tiga faktor yang diteliti hanya kecerdasan intelektual yang berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa tentang etika profesi akuntan. Sedangkan kecerdasan emosional dan love of money tidak berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa tentang etika profesi akuntan.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Love of Money, Persepsi Mahasiswa, Etika Profesi Akuntan
References
Ajzen, I. and Fishbein, M. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behaviour. Englewood Cliffs, NJ : Prentice-Hall.
Aprilianto, R. and Achmad, T. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Love of money terhadap Persepsi Mahasiswa Mengenai Etika Profesi Akuntan. Diponegoro Journal of Accounting, 6 (2), 1-12.
Aziz, T. I. (2015). Pengaruh Love of money dan Machiavellian Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi UNY Angkatan 2013 dan Angkatan 2014). Jurnal Nominal, 4 (2), 31-44.
Choiriah, A. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Auditor dalam Kantor Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi, 1 (1), 1-22.
Elias, R. Z. and Farag, M. (2010). The Realtionship Between Accounting Students’ Love of Money and Their Ethical Perception. Managerial Auditing Journal, 25 (3), 269-281.
Goleman, D. (2000). Kecerdasan Emosi: Mengapa Emotional Intelligence Lebih Tinggi Daripada IQ. Alih Bahasa : T. Hermay, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Pradanti, N. R. (2014). Analisis Pengaruh Love of Money terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.
Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2013). Organizational Behaviour Global Edition (15th ed.). New Jersey: Pearson.
Said, A. N. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Yogyakarta. (Skripsi). Universitas Yogyakarta.
Tandiontong, M. (2013). Pengaruh Faktor Komitmen Profesi Akuntan, Komitmen Organisasi Kantor Akuntan Publik dan Kepuasan Kerja Auditor Terhadap Implementasi Audit Independen Atas Laporan Keuangan. Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis, 4 (1), 1-19.
Tang, T. L. P & Chiu, R. K. (2003). Income, Money Ethic, Pay Satification, Commitment, and Unethical Behaviour: Is the Love of money the Root of Evil for Hong Kong Employees?. Journal of Business Ethics, 46, 13-30.

